sablon kilat digital

Terkadang kita membutuhkan jasa sablon kilat. Beragam alasannya, seperti acara dadakan atau kurangnya perencanaan. Dihadapkan pada waktu yang terbatas, biasanya kita agak panik mencari vendor sablon yang bisa mengerjakan kaos secara kilat dalam hitungan hari.

Seiring perkembangan teknologi sablon, pengerjaan kaos kilat bukanlah hal yang mustahil. Teknologi baru-baru ini yang support pada produksi cetak kaos secara instan adalah printer DTG, mesin cutting plotter/cutting sticker, atau print & cut,dan printer sublimasi.

Semua teknologi tersebut bisa mengerjakan kaos satuan dalam hitungan jam. Untuk order jumlah lusinan atau massal bisa diselesaikan dalam hitungan jam atau hari. Intinya, seberapapun jumlah ordernya, kecepatan produksi tergantung pada kerumitan dan besaran desain, serta teknik cetaknya.

a. Print DTG

Printer direct to garment yang biasa disebut DTG merupakana alat cetak kaos instan. Jika desain sudah siap dengan resolusi yang mumpuni, maka desain langsung dicetak pada kaos. Mekanisme kerja print DTG bisa diistilahkan sebagai plug and play, colokkan desain ke flasdisk langsung cetak. Proses cetak DTG cukup memakan waktu. Pencetakan desaian area A3 di kaos putih berkisar 20 menit, mulai dari pretreatment, printing, dan finishingnya. Pencetakan di kaos hitam/warna memerlukan waktu dua kali lipat.

b. Cutting Polyflex

Polyflex juga memiliki karakteristik yang hampir sama dengan DTG. Soal kecepatan produksi, mesin cutting plotter yang digunakan untuk proses cutting polyflex bisa bekerja lebih cepat daripada DTG. Apalagi kalau desain simpel seperti font tulisan atau typografi biasa. Untuk produksi massal, sablon polyflex bisa lebih cepat daripada DTG. Namun sablon polyflex ini memiliki keterbatasan hanya mampu mencetak desain vektor 1 warna, kecuali jika ada fitur print and cut, yang bisa mencetak lalu memotong desain.

c. Printer Sublimasi

Cara kerja dan estimasi waktu produksi printer sublimasi hampir sama dengan DTG. Bedaya, DTG mencetak langsung di kaos, printer sublimasi mencetak di transfer paper yang nantinya dipindahkan ke kaos dengan cara pressing.

Ketiga teknologi tersebut bisa diandalkan dalam sablon kilat karena tidak memerluka tahap film dan afdruk desain seperti dilakukan pada sablon manual. Walhasil, ketika kita butuh kaos secara mendadak bisa langsung menghubungi vendor sablon digital seperti DTG, polyflex, dan sublimasi. (kaosposmo.com)