sablon separasi pada kaos untuk  mencetak desain full colour

Sablon Separasi: Sekilas tentang Sablon Full Colour

Sablon separasi di media kaos pada prinsipnya sama dengan sablon biasa. Sedikit hal yang membedakan, namun mendasar, adalah tehnik olah filmnya.

Secara kebahasaan, separasi bermakna [proses] pemisahan. Dalam sablon, hal itu berarti memisahkan warna gambar berdasarkan prinsip CMYK (cyan, magenta, yellow, black). Sebuh gambar dipisahkan menjadi 4 bagian berdasarkan unsur warnanya, mulai dari Cyan, Magenta, Yellow, dan Black. Keempat pisahan gambar itulah yang nantinya dijadikan film sablon.

CMYK sendiri adalah warna yang berproses. Dengan campuran dan persentuhan antarwarna CMYK tersebut terciptalah warna-warna lain yang menyusun sebuah gambar. Pada sebuah gambar full color terdiri dari empat lapis warna CMYK yang bercampur.

Logika CMYK telah lama dipakai dalam tehnik cetak digital, seperti cetak foto. Berbagai jenis printer yang ada sekarang ini pun menggunakan channel tinta CMYK. Prinsip kerja CMYK juga bisa digunakan untuk sablon.

 

Film CMYK sebagai Kunci Utama

Dalam sablon separasi, film adalah hal utama yang menentukan apakah hasil sablon sesuai dengan warna gambar yang diinginkan atau tidak. Tehnik pembuatan film untuk sablon separasi ini bisa dengan bantuan aplikasi olah digital photoshop atau coreldraw.

Walhasil, bragam software olah gambar digital harus dimainkan pada bagian fitur raster atau pemisahan layer CMYK untuk mendapatkan pemecahan atau pemisahan warna gambar.

Setelah pemecahan film selesai, proses selanjutnya adalah afdruk film. Sebelum pengafdrukan, hal yang sanga penting untuk diperhatikan adalah setting registernya harus tepat dan presisi. Misregister (register yang meleset) akan membuat hasil sablon tidak bagus.

 

Gambar Full Colour, Welcome

Kehadiran teknik separasi dalam sablon sangat membantu memproduksi kaos-kaos dengan desain yang rumit, banyak warna atau full colour. Ongkos sablon separasi ini tentunya lebih mahal dibandingkan dengan desain vector biasa yang minim warna. Bisa 2 s.d. 3 kali lipat. Namun dengan hasil gambar yang maksimal tentu ongkos tidak menjadi soal.

Paling tidak ada 3 faktor yang membuat ongkos sablon separasi lebih mahal. Pertama, proses pemisahan warna dan setting film yang lebih njlimet (Jawa: sukar). Kedua, afdruk film per satu gambar minimal 4 film (CMYK), bisa juga 5 film bila ditambahkan warna underbase putih. Ketiga, proses gesut bertahap dan memakan waktu.

Ingin membuat kaos dengan sablon separasi? Konsultasikan desain anda kepada vendor sablon kaos kaos terdekat. Penting untuk mendiskusikan bahan dan harganya. (kaosposmo.com)