Tips membeli printer DTG yang aman dan memuaskan adalah memilih kualitas yang bagus dan aftersales yang mudah dan murah

Tips membeli printer DTG yang aman dan memuaskan adalah memilih kualitas yang bagus dan aftersales yang mudah dan murah

Membeli printer DTG (Direct to Garment) tak semudah membeli siomay. Yaiyalah! Beginilah tips membeli printer DTG yang aman dan memuaskan.

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli mesin cetak kaos ini. Kamu harus menentukan printer DTG macam apa yang kamu butuhkan. Misal printer DTG yang bisa mencetak di kaos gelap, bisa mencetak ukuran A3, bisa mencetak sekali 2 kaos, dsb. Prinsipnya, pertama kamu perlu memastikan produk dengan spesifikasi macam apa yang kamubutuhkan sesuai dengan track bisnis yang sedang dirancang.

Jangan hanya mencari informasi spesifikasi-harga printer DTG di satu toko/vendor. Lebih banyak toko/vendor yang disurvei maka semakin baik. Sangat dianjurkan untuk menyurvei sekaligus melihat demo printer DTG yang akan kamu beli. Tidak cukup hanya membuka web atau linimasa lainnya dari vendor yang sedang kamu amati.

Dengarkan rekomendasi orang lain yang lebih berpengalaman. Carilah teman yang sudah memiliki usaha sablon DTG. Jangan malu bertanya. Jangan segan bergabung di forum-forum dunia maya untuk mempelajari seluk beluk DTG. Sambil belajar, kamubisa mengamati beberapa vendor yang “promosi secara diam-diam” dengan berbagai komentar di forum tersebut.

Setelah tahu reputasi vendor-vendor yang merakit/menjual printer DTG barulah mengambil keputusan vendor mana yang kamu pilih. Pastikan budget dengan spesifikasi mesin cetak DTG yang kamu inginkan.

Jarak antara vendor DTG dengan tempat tinggal kamujuga harus menjadi perhitungan. Kalau jaraknya relatif dekat, ini akan memudahkan kalau sewaktu-waktu terjadi error atau kerusakan printer maka bisa diperbaiki lebih cepat, selain biaya transportasi yang lebih irit.

Layanan purna jual atau after sales printer DTG sering menjadi masalah. Di samping karena jarak, kadang pelayanan sang vendor yang kurang bagus, bahkan ada yang tidak peduli. Pastikanlah vendor kamu bertanggung jawab dan responsive.

Kamu harus merogoh kocek puluhan juta untuk satu mesin DTG. Makanya, sebagaimana nasihat orang bijak: “jangan membeli kucing di dalam karung”. (kaosposmo.com)