Harga kaos DTG mahal tapi berkualitas.

Harga kaos DTG mahal tapi berkualitas.

Harga kaos DTG mahal? Barangkali itulah kesan pertama bagi orang awam yang belum mengenal metode sablon dengan menggunakan printer Direct to Gament (DTG), sekaligus belum pernah melihat hasil sablon DTG.

Sebenarnya persepsi mahal itu tergantung dari sisi mana seseorang melihat kaos DTG. Dari segi harga memang kaos DTG secara umum lebih mahal dibandingkan dengan kaos-kaos di pasaran. Namun dari segi eksklusifitas dan keunggulan hasil sablon DTG yang lebih baik dibandingkan dengan teknik sablon manual, maka anggapan harga kaos DTG mahal bisa dimentahkan.

Ada banyak faktor mengapa harga kaos DTG lebih mahal. Secara umum, faktornya adalah bahan baku dan layanan yang diberikan oleh printer DTG. Faktor-faktor terkait harga kaos DTG, secara rinci adalah sebagai berikut:

  • Harga mesin printer DTG dan perawatan yang mahal

Harga mesin printer DTG rakitan standar anak negeri berada pada kisaran 15 s.d. 35 juta rupiah. Mesin cetak garment yang terbilang maha ini diikuti dengan biaya perawatan yang tinggi pula, mulai dari perawatan harian, service-reparasi, dan sparepart. Hal ini otomatis berimbas pada harga kaos.

  • Bahan baku yang mahal

Bahan baku printer DTG meliputi tinta tekstile dan cairan pretreatmen. Harga-harga bahan baku tersebut sangat mahal. Apalagi kebanyakan bahan baku printer DTG adalah produk imporan luar negeri, akibatnya harganya menjadi sangat mahal.

  • Layanan Custom Kaos Tanpa Order Minimal

Printer DTG memiliki keunggulan utama mencetak kaos secara satuan atau tanpa minimum order. DTG melayani cetak atau print kaos satuan dengan desain suka-suka customer. Swadesain customer ini membuat kaos yang eksklusif di mana kaos itu hanya dimiliki oleh satu orang tanpa kembaran. Inilah sisi keunikan printer DTG yang memanjakan orang untuk mendesain dan mencetak kaosnya sendiri. Kaos yang eksklusif tanpa kembaran desain akan berharga lebih mahal.

Mau yang mahal dan berkualitas atau murah mutunya rendah. Anda sendiri yang menentukan jawabannya. Sekali kecewa, penyesalan akan sulit disembuhkan. Ambillah keputusan yang tepat dalam membeli kaos. (kaosposmo.com)