Printer-DTG-Semarang

Perbincangan printer DTG Semarang tergolong sepi. Hanya segelintir pelaku usaha sablon atau distro kaos yang menggunakan teknologi jet print DTG.

Bukan masalah modal yang harus dikeluarkan untuk DTG lebih besar ketimbang sablon manual. Tentu saja banyak pemodal besar yang enteng mengeluarkan budget 20 s.d. 30 juta untuk membeli printer DTG rakitan lokal. Namun urusannya lebih kompleks dari sekadar soal modal.

Perkembangan distro atau dunia clothing kaos di Semarang bisa dikatakan paling bawah jika dibandingkan dengan Bandung, Jakarta, Yogyakarta, atau Surabaya. Desain-desain kurang berkembang. Visualisasi kaos kalah jauh dengan kota-kota yang telah disebutkan tadi. Paling banyak, distro-distro di Semarang kebanyakan justru hanya menjadi “reseller”produk-produk dari luar.

Kondisi seperti itu masih harus ditambah lagi dengan apresiasi pasar yang kurang bagus. Pasar di Semarang seolah enggan pada kaos bagus, sebab harganya lebih mahal. Untuk kaos seharga ratusan ribu, mereka lebih rela membeli di mall ketimbang di distro atau pengrajin lokal. Dalihnya kualitas mall jelas terjamin. Padahal tidak mesti seperti itu.

Sudah bukan rahasia lagi kalau harga kaos DTG rata-rata lebih mahal ketimbang kaos hasil sablonan manual. Apalagi kaos-kaos full colour atau kaos 3 dimensi (kaos 3D) yang dicetak menggunakan DTG harganya berkisar dari Rp. 100.000 s.d. Rp 150.000. Saat ini, kaos dengan harga setinggi itu di Semarang dijamin 50% membuat calon pembeli/customer mundur.

Itulah salah satu penyebab mengapa perkembangan sablon DTG di Semarang cenderung lambat. Perakit lokal Semarang yang merakit printer DTG sejauh ini pun belum ada. Kompetitor jasa sablon printer DTG di Semarang pun masih sedikit. Inilah tantangan untuk menggarap pasar printer DTG Semarang dan sablon DTG Semarang.

Tantangan itu perlu diladeni dengan meciptakan image positif tentang kaos DTG. Image positif ini bisa dibangun melalui kualitas bahan kaos, kualitas gambar hasil cetakan, dan ketahanan cuci. Semua itu saling berkait paut bersamaan dengan pentingnya promosi. Kualitas nomor 1 tentu akan semakin meningkatkan citra positif sablon printer DTG. Tentu perlu diiringi dengan propaganda periklanan dan endorsment yang efektif. (kaosposmo.com)