Printer DTG Epson R 1390

Printer DTG berbasis Epson R 1390

Printer DTG Epson R 1390 merupakan printer DTG rakitan lokal yang paling diminati oleh pengusaha cetak kaos DTG. Di satu sisi harga printer DTG Epson R 1390 terjangkau, dan spesifikasinya sudah cukup mumpuni untuk menghasilkan grafis sablon kaos.

Printer DTG Epson R 1390 biasanya dirakit oleh para vendor perakit printer DTG lokal. Basis printer DTG ini sendiri adalah printer Epson R 1390. Epson R 1390 bernama asli Epson Photo Stylus R 1390 dengan kegunaan asli mencetak foto. Kualitas yang dihasilkan printer R 1390 termasuk kategori superfine. Terdiri dari 6 channel tinta ink dye, yaitu CMYK++.

Printer ini bisa mencetak gambar/ grafis dengan resolusi 5760×1440 dpi. Lebar area print A3+, yakni 30×48 cm. Dengan kecepatan 15 ppm, epson R 1390 mampu mencetak gambar A3 dalam waktu ± 10 menit.

Epson R 1390 banyak diminati oleh para perakit printer DTG dan mendapat respon positif. Sebab harganya relatif terjangkau. Di pasaran, harga printer DTG ini berkisar mulai dari 12 hingga 25 jutaan rupiah. Harga tersebut tentu saja tergantung dari fitur apa saja yang dibubuhkan oleh vendor perakit DTG. Harga printer DTG Epson R 1390 dengan penggerak tray dari rel laci tentu berbeda dengan penggerak dari linear bearing. Sistem motor maju mundur secara otomatis tentu saja lebih mahal daripada printer DTG yang gerakan linearnya didorong secara manual. Selain itu masih banyak variasi fitur lain dari para vendor perakit DTG, misalnya sistem sensor untuk menjaga jarak aman headprint dengan kaos, penghemat tinta, dan pendingin headprint.

Harga terjangkau yang sebanding dengan kemampuan produksinya membuat DTG berbasis Epson paling banyak diminati oleh pebisnis cetak kaos satuan. DTG Epson R 1390 bisa mencetak ukuran A3+, ukuran yang pas untuk desain kaos pada umumnya. Untuk mencetak desain sebesar A3, DTG Epson R 1390 membutuhkan waktu sekitar 25 menit (cetak 2 kali: underbase white dan colour). Jika waktu kerja rata-rata 8 jam dalam sehari, printer ini mampu mencetak sekitar 30 kaos. Itu hanya hitungan kasar. Kapasitas produksi juga bergantung pada seorang operator yang bisa mengoperasikan printer ini, dalam waktu yang sama ada seorang pekerja lagi yang membidangi coating (pretreatment) kaos dan finishing-nya.

Selain itu ongkos perawatan printer DTG ini bisa dikatakan relatif murah, jika dibandingkan dengan kelas di atasnya seperti R 2000. Misal, jika harus mengganti headprint Epson R 1390 hanya berkisar 2 jutaan rupiah. Lain dengan harga headprint Epson R 2000 yang berkisar dari 4 juta s.d. 5 juta rupiah. Kelemahan Epson R 1390 adalah proses pencetakan yang lebih lama dibandingkan dengan Epson R 2000 yang mampu mencetak desain A3 pada kaos kurang dari waktu 10 menit.

Spesifikasi printer DTG Epson R 1390 adalah sebagai berikut:

  • Ukuran cetak maksimal: 30cm x 48 cm
  • Bisa mencetak di kaos gelap dan putih
  • 6 channel tinta, yaitu 4 channel warna (CMYK) dan channel putih (WW): CMYKWW
  • Headprint jenis piezzo.
  • Kecepatan Cetak: -+ 6 menit ukuran A3 kaos putih
  • Print head: Piezo head technology
  • Colour: CYMKWW
  • Operating system: Windows XP , Vista, Windows 7 dll
  • Daya listrik: -+ 75 Watt

 

Itulah sekelumit review printer DTG berbasis Epson R 1390. Semoga bermanfaat! (kaosposmo.com)