Bahan kaos oblong bermacam jenisnya, mulai dari katun, poliester, tetoron, dan hyget.

Bahan kaos oblong bermacam jenisnya, mulai dari katun, poliester, tetoron, dan hyget.

Bahan kaos oblong banyak jenisnya. Jenis bahan kaos yang ada mengacu pada material atau bahan dasarnya dan cara pembuatannya.

Jenis-jenis bahan kaos polos adalah katun, poliester, teteron, dan hyget. Berikut ulasan singkatnya. 1. Katun (Cotton)

Katun merupakan bahan yang paling populer dan diminati. Karakteristiknya yang lembut, adem, dan awet, membuat katun menjadi pilihan pertama bagi para pengejar kualitas bagus. Bahan terbuat dari katun murni 100% tanpa campuran (itu idealnya, tapi di lapangan tidak seperti itu).

Katun memiliki harga paling mahal. Biasanya digunakan untuk kaos distro, komunitas, kelas, dan kebutuhan lain yang membutuhkan performance bagus.

Bahan kaos oblong dari katun yang beredar di pasaran pun bermacam-macam. Ada cotton combed, cotton ringspun, dan cotton carded. Cotton combed memiliki permukaan kain paling halus. Serat yang rapat dan minim bulu. Cotton ringspun nyaris sama dengan cotton combed dari sisi kelembutan dan keademan bahan yang dihasilkan. Namuan cotton ringspun cenderung memiliki bulu yang lebih banyak. Level paling bawah di kelas katun adalah cotton carded. Permukaan kain hasil rajutan carded terasa lebih kasar. Bila diraba tekstur permukaan kainnya seperti memiliki biji-biji kecil.

2. Teteron/TC (Teteron Cotton)

Teteron cotton atau lebih dikenal TC, adalah jenis bahan kaos yang memiliki tingkatan dibawah katun. Jenis bahan ini juga termasuk katun, tetapi tidak murni 100%. Katun teteron dicampur dengan bahan lain, atau disebut sebagai blended yarn.

Bahan kaos teteron termasuk bahan yang tebal. Bahan ini biasa digunakan unutk kaos promosi, gathering, event massal, dll. Harganya relatif lebih murah sehingga cocok untuk acara yang sifatnya massif.

3. Polyester/PE

Budget minim dalam pembuatan kaos massal bisa disiasati dengan bahan poliester. Bahan poliester masih relatif tebal, punya rajutan yang solid. Hanya saja materialnya bukan katun, tetapi dari serat plastik (polyester). Satu-satunya kelemahan bahan kaos dari poliester adalah panas ketika dipakai. Kain polyester tidak bisa menyerap dan menghilangkan keringan dengan baik.

4. Bahan Hyget

Kaos partai dengan harga yang sangat murah biasanya menggunakan bahan hyget. Hyget adalah bahan termurah di antara yang lain. Bahannya mengkilat dan tidak menyerap keringat saat digunakan. Bahan hyget memiliki variasi ketebalan, mulai dari yang tipis, sedang, dan tebal. (kaosposmo.com)