Cara menyimpan tinta printer DTG yang baik dan benar disimpan di ruangan bersuhu sejuk atara 28 s.d. 22 derajat.

Cara menyimpan tinta printer DTG yang baik dan benar disimpan di ruangan bersuhu sejuk atara 28 s.d. 22 derajat.

Banyak orang bertanya tentang cara menyimpan tinta printer DTG dengan benar. Artikel ini menjawab pertanyaan itu.

Tinta DTG harus disimpan dengan baik dan benar agar daya rekat, warna, dan kekentalannya tetap terjaga. Jika tinta DTG tidak ditempatkan atau disimpan secara baik bisa mengakibatkan warnanya yang berubah, kepekatan dan daya rekatnya juga berubah dari semula. Jika itu terjadi, hal itu bisa mempengaruhi kualitas hasil cetakan kaos DTG.

Berikut ini tips cara menyimpan tinta DTG:

  1. Ruangan ber-AC sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi tinta DTG agar tetap bagus. Jika ruangan tidak ber-AC, tempatkanla di bagian penyimpanan yang cukup sejuk.
  2. Jangan sampai terpapar sinar matahari.
  3. Kocok tinta setiap 24 jam sekali untuk menghindari pengendapan atau pengentalan tinta di dasar kemasan.
  4. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

 

Menjaga stok tinta DTG agar kualitasnya tidak menurun merupakan sebuah keharusan. Risiko dari cara penyimpanan yang salah cukup besar. Pertama, tinta yang menurun kualitasnya karena sembarangan menyimpan dan memperlakukannya dalam keadaan nganggur, apabila digunakan tentu saja hasil atau kualitas cetakan menjadi menurun. Hal ini akan berbuntut pada pertaruhan customer yang bakal komplain, bahkan reject (pengembalian barang) karena tidak puas. Kedua, tinta printer DTG yang tidak disimpan secara baik dan benar bisa berubah kekentalannya. Kalau sampai mengendap lama di dasar kemasan, tentu saja itu sangat membahayakan printhead, karena memudahkan terjadi kebuntuan. Nah, kalau sampai tinta DTG tidak bisa dipakai karena terlalu lama menyimpannya dengan cara yang salah, kerugian sudah di depan mata. Seperti kita tahu, tinta DTG harganya selangit.

Apalagi tinta DTG yang berharga murah, risiko untuk mengental (tinta putih) dan mengencer (tinta CMYK) sangat mudah. Memang harganya murah, tapi cara penyimpanannya harus lebih hati-hati agar tetap bisa dipakai.

Soal penyimpanan tinta printer DTG tidak bisa dipandang sebelah mata. Alasannya tentu saja karena DTG adalah komponen vital untuk menghasilkan sebuah obyek cetak pada kaos. Bermain-main dengan mutu tinta DTG sama artinya bertaruh dengan kualitas produk sekaligus kepercayaan pasar terhadap produk kita. Sebaliknya, jika kualitas tinta DTG stabil maka hasil cetak akan tetap terjaga kualitasnya, begitu pula customer tidak akan lari. (kaosposmo.com)