Efek menjemur kaos dengan hanger dapat menyebabkan kerah melar

Efek menjemur kaos dengan hanger dapat menyebabkan kerah melar

Hanger telah mengubah cara mencuci pakaian, khususnya penjemuran, menjadi lebih efisien. Tapi di balik itu, hanger memiliki efek negatif bagi penjemuran kaos.

Sebelum ada hanger nenek dan ibu kita menjemur pakaian dengan cara menjemberengnya di tempat jemuran. Cara itu memakan banyak tempat. Sementara itu, dewasa ini penjemuran menggunakan hanger bisa dibilang irit tempat.

Kita kadang tidak terpikir efek jangka panjang menjemur kaos dengan hanger. Nyaris tidak terasa memang. Tapi kalau kita perhatikan lama kelamaan, pasti ada perubahan pada kaos. Terutama pada bagian rib  atau kerah kaos.

Kok bisa?

Kaos dalam keadaan basah tentu menjadi lebih berat. Bentuk hanger sendiri pada pemakaiannya menumpukan kaos pada bagian leher dan bahu. Bagian leher inilah yang rawan melar karena ketika di-hanger dia menjadi tumpuan bagian lain seperti badan atau lengan kaos.

Kalau hal itu terjadi terus-menerus dalam penjemuran, maka yang terjadi adalah kerah kaos menjadi melar. Kerah kaos menjadi lebih lebar dari semula.