merendam kaos terlalu lama bisa menyebabkan bulu dan serat kain rusak

Merendam kaos terlalu lama bisa menyebabkan bulu dan serta kain cepat rusak. Mengapa?

Merendam pakaian sebelum dicuci merupakan hal wajar. Tujuannya jelas, agar larutan deterjen bekerja mengangkat kotoran yang menempel di baju. Masalahnya, kita sering teledor, hingga tanpa sadar pakaian telah terendam lebih dari setengah jam, satu jam, bahkan berjam-jam.

Rupanya merendam baju terlalu lama itu bukan hanya karena teledor. Ada juga karena kesibukan: pas waktu mau nyuci ada pekerjaan lain yang harus diselesaikan. Lebih dari itu, penyebab paling banyak adalah kemalasan. Baju rendaman ditinggalmain game, bahkan ditinggal ngeluyur keluar rumah. Duh!

Padahal merendam baju, khususnya kaos, secara overtime akan menimbulkan dampak buruk. Di antaranya penyusutan warna kaos terlalu banyak dan mengancam gambar sablon terkelupas lebih cepat. Selain itu juga merusak serat kain secara perlahan.

Mengapa bisa begitu? Deterjen yang kita gunakan merendam baju merupakan konsentrat/larutan yang didesain untuk melunakkan dan mengangkat noda-noda atau kotoran di kaos dalam waktu cepat. Umumnya pabrikan deterjen menyarankan perendaman kaos dalam waktu 15 s.d. 30 menit. Dalam jangka waktu itu, senyawa-senyawa deterjen sudah “mengerjai” noda sekaligus kaos rendaman. Apabila kita biarkan kaos lebih lama “dikerjai” deterjen, tentu saja kekuatan kaos semakin menurun, baik warna maupun serat kainnya.

Mulai sekarang, jangan malas! Rendam kaosmu sebentar saja biar lebih tahan lama. (kaosposmo.com)