kaos yang bagus maksimal hanya mengalami penyusutan warna kaos hingga 7 persen

Kaos yang bagus maksimal hanya mengalami penyusutan warna kaos hingga 7 persen

Sudah bela-belain membeli kaos dengan harga mahal, tetapi setelah dicuci pertama kali warnanya jadi kusut. Pernah mengalami hal itu? Pasti rasanya nyesek banget kan?

Memang menyebalkan kalau kaos yang baru kita beli hanya dalam beberapa minggu saja warnanya sudah menyusut alias pudar. Jika hal itu terjadi sebenarnya ada dua kemungkinan penyebabnya. Pertama, kaos yang kita beli berkualitas buruk. Kedua, kita tidak mengerti cara merawatnya. Dari kedua penyebab tersebut, dua-duanya penting. Kita harus tahu kualitas kaos sebelum membelinya. Kemudian kita juga harus mengerti cara merawat kaos dengan baik dan benar agar tidak susut parah.

 

Sekilas tentang proses pembuatan kain kaos

Pembuatan bahan kain kaos, baik dari katun (cotton), polyester, dan lainnya, melalui proses pewarnaan. Hal itu dilakukan untuk menghasilkan warna kaos sesuai dengan keinginan pabrik. Proses pewarnaan itu memiliki efek tersendiri bagi bahan kaos ataupun kaos jadi yang sudah dipakai. Efeknya tak lain adalah shrinkage atau penyusutan.

Penyusutan bahan kaos yang paling mencolok terjadi pada warnanya. Itulah mengapa warna kaos menjadi sedikit berbeda setelah pencucian pertama, kedua, dan seterusnya.

Tetapi itu bukan masalah serius bagi kaos. Justru dianggap sebagai mekanisme natural dari sebuah produk pabrikan.

Semakin sedikit tingkat penyusutan warnanya maka semakin bagus bahan kaos. Begitu sebaliknya, semakin susut maka semakin jelek.

Berapakah idealnya penyusutan warna kaos?

Umumnya, kaos berbahan katun mengalami penyusutan warna hingga 7% dari ukuran awal.Jika lebih dari itu maka bahan kaos dinyatakan kurang layak.

Perawatan agar penyusutan warna kaos tidak terjadi secara berlebihan terletak pada cara mencuci dan menjemurnya.

  1. Sangat dianjurkan untuk memakai deterjen yang ramah terhadap serat kain kaos. Penggunaan deterjen juga menggunakan asas seminimal mungkin. Banyak deterjen saat mencuci sama saja memudarkan warna kaos.
  2. Pisahkan kaos dengan pakaian yang berpotensi luntur.
  3. Jangan menggunakan pemutih untuk kaos.
  4. Jemur kaos secara terbalik, jangan biarkan terpapar matahari secara langsung. (kaosposmo.com)