Kaos DTG adalah kaos yang dicetak menggunakan printer DTG.

Kaos DTG adalah kaos yang dicetak menggunakan printer DTG.

Apa itu Kaos DTG?

Tak sedikit orang terbengong ketika mendengar istilah “kaos DTG”. Setelahnya, mereka lantas bertanya apa sih kaos DTG itu.

Sederhananya, kaos Direct to Garment adalah produk kaos yang diproduksi dengan teknik cetak desain atau gambar menggunakan printer Direct to Garment (DTG). Teknik ini mempermudah para produsen clothing kaos dalam proses penyablonan. Pasalnya teknologi DTG lebih praktis dibandingkan dengan teknik sablon manual atau screen printing.

DTG sendiri adalah mesin cetak yang bisa menghasilkan cetakan desain gambar secara langsung pada kaos. Desain karya grafis, gambar vektor, foto, lukisan, dan sebagainya bisa langsung dicetak ke kaos tanpa perantara seperti screen (biasa digunakan pada sablon manual) atau transfer paper (biasa digunakan pada teknik sablon digital).

Kaos yang dicetak menggunakan printer DTG memiliki karakteristik berbeda dengan kaos yang disablon dengan teknik manual. Presisi warna dan ketepatan gradasi gambar yang dihasilkan oleh printer DTG lebih maksimal. Kalau sablon manual terbatas pada warna, sablon DTG bisa membaca puluhan ribu warna. Warna-warna dan efek-efek desain khusus yang sulit dicetak dengan sablon manual menjadi sangat mudah dengan warna maksimal jika dicetak menggunakan printer DTG. (kaosposmo.com)