Desain Grafis yang kreatif untuk kaos

 

Desain grafis kaos dituntut unik, kreatif, dan dinamis.

Pertarungan bisnis clothing kaos tidak hanya berkisar pada bentuk, style, ataupun kualitas bahan semata. Desain grafis/ gambar yang dilekatkan pada kaos juga menjadi elemen penting yang menjadi medan “pertempuran” bisnis yang sengit.

Di sinilah dunia clothing membutuhkan graphic designer. Sebuah pekerjaan yang dulu hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar, misal jasa produk kemasan, periklanan, dan entertainment. Kini nyaris pebisnis distro kaos memiliki sumber daya manusia ini untuk tetap eksis dan menjaring pasar.

Perkembangan itu berpaut erat dengan penemuan-penemuan di bidang teknologi, khususnya desain grafis. Kemunculan aplikasi software desain grafis seperti Photoshop, CorelDraw, Ilustrator, dan sejenisnya, turut mempengaruhi dinamika bisnis distro kaos.

Selain itu juga munculnya teknik-teknik sablon baru. Misal sablon digital, atau yang terbaru adalah cetak Direct to Garment (DTG). Kedua teknik penyablonan yang berbasis teknologi digital dan jet printing inilah yang turut membidani lahirnya kaos-kaos dengan desain 3 dimensi (3D), sebagaimana yang tenar separuh dekade belakangan di Indonesia.

Walhasil, kecanggihan desain grafis kaos diimbangi oleh kecanggihan teknologi (teknik) sablon. Kalaupun desain-desain kaos 3D tidak dicetak menggunakan sablon digital ataupun DTG, bisa disablon dengan teknik separasi. Namun itu hanya bisa dilakukan oleh ahli sablon separasi yang sudah terakui.

Bisnis semakin sengit, tapi takkan pernah mati

Sampai kapanpun peminat kaos oblong tidak akan pernah ada habisnya. Kaos telah menjadi pakaian sehari-hari. Kaos menjadi komoditas konsumsi yang terus berlanjut ke lintas generasi. Melihat kenyataan ini berarti kita melihat peluang yang sangat terbuka. Di sinilah kita harus berani menyikapi peluang itu menjadi usaha kaos oblong dengan desain-desain kreatif dan unik.

Bisnis kaos oblong tidak akan pernah matinya, setiap tahun akan bermunculan desain kaos oblong yang baru, unik dan kreatif. Artinya apa? Makin banyak saingan dalam menjalankan bisnis kaos oblong desain unik ini. Namun tidak perlu kwatir, bisnis kaos oblong ini akan sukses jika kita bisa mendesain koas lebih kretif dari kaos-kaos sebelumnya dan ini merupakan ciri khas tersendiri dari usaha kita. (kaosposmo.com)