Memilih vendor pembuatan kaos harus mempertimbangkan kualitas bahan, pelayanan, komitmen, dan jangkauan

Memilih vendor pembuatan kaos harus mempertimbangkan kualitas bahan, pelayanan, komitmen, dan jangkauan

Bingung mencari vendor/jasa pembuatan kaos? Empat tips ini akan memandu kamu.

1. KUALITAS
Kualitas itu nomor satu. Tapi bagaimana kita menilai kualitas sebuah vendor/jasa pembuatan kaos yang kita belum pernah melakukan pemesanan atau melihat hasilnya secara langsung?
Jawaban dari pertanyaan itu mudah. Lihat reputasi vendor tersebut. Bisa dari saran/rekomendasi teman-teman anda. Atau kalau vendor tersebut punya website kunjungilah untuk melihat display produksi. Di website tersebut juga bisa dilihat testimoni pada pelanggan vendor tersebut.
Untuk lebih meyakinkan, kamu harus melakukan survey sendiri di tempat produksi vendor-vendor yang ada di sekitarmu.

2. PELAYANAN
Customer memang sewajarnya ingin dilayani dengan baik. Dan itu hanya bisa diberikan oleh vendor/jasa yang memiliki pelayan yang profesional, responsif, dan bijak. Senyum, keramahan, dan kesopanan juga perlu anda pertimbangkan sebagai calon konsumen.

3. KOMITMEN
Ini adalah komitmen bisnis. Setelah tercapai kesepakatan harga, maka pastikan vendor/jasa memberikan kepastian kapan pesanan kamu bisa selesai.

4. JANGKAUAN
Meskipun sepele, hal yang juga penting untuk kamu perhatikan ketika memilih vendor/jasa pembuatan kaos adalah jangkauan. Kedekatan lokasi produksi dengan tempat tinggal kamu tentu memberikan kemudahan tersendiri, misal transportasi dan kontrol waktu produksi (bila diperlukan).

 

Bagaimana dengan trust?

Di luar itu sebenarnya ada satu hal yang berperan penting. Yakni bagaimana trust anda terhadap sebuah vendor. Trust atau kepercayaan terhadap suatu jasa vendor pembuat kaos ini bisa saja tertanam pada diri anda melalui rekomendasi orang yang anda percayai, image vendor tersebut, ataupun pengalaman anda sendiri secara langsung. Selain itu trust juga terbangun dari sebuah relevansi yang terkadang tidak ada hubungannya sama sekali dengan produk, yaitu isu di balik penjualan suatu produk ternyata memiliki visi atau misi yang sama dengan anda. Di situlah trust kadang bersifat irasional.

Nah, trust adalah hal yang sulit dikalahkan oleh kriteria apapun. Trust lebih diamini sebagai pemandu utama seseorang untuk membeli jasa orang atau pihak lain.

Trust yang kadang bersifat tidak masuk akal perlu diuji secara terus-menerus. Jangan sampai justru kita dibuai oleh trust, yang pada akhirnya menjebak kita. Ya, trust harus diuji dan diwaspadai. Begitu juga kepercayaan anda terhadap satu vendor jasa pembuatan kaos juga perlu diuji secara rasional. (kaosposmo.com)