serat benang cotton combed disisir secara ketat sebelum dipintal sehingga menghasilkan kain yang halus

Serat benang cotton combed disisir secara ketat sebelum dipintal sehingga menghasilkan kain yang halus

Pecinta kaos pasti tidak asing dengan istilah cotton combed. Jenis bahan kaos yang satu ini adalah yang paling dipilih sebagai bahan kaos, khususnya oblong.

Namun apa sih sebenarnya cotton combed itu?

Combed adalah proses perajutan dengan cara penyisiran ekstraketat hingga menghasilkan kain yang berserat halus, rata, dan kuat. Serat katun diolah secara khusus, yakni disisir menjadi searah, sebelum diputar di mesin pemintal.

Karena hasilnya yang lebih halus dan bagus, harga cotton combed  lebih tinggi dibandingkan dengan cotton carded. Karakteristik combed
yang halus dan adem sangat cocok dijadikan bahan pakaian, terutama kaos. Kulit manusia bisa beradaptasi secara baik terhadap cotton combed. Selain itu combed punya kelebihan memiliki daya serap keringat yang baik.Di daerah tropis seperti Indonesia, kain combed sangatlah direkomendasikan.

Ketebalan cotton combed pun bervariasi, yaitu 40s, 30s, 24s, dan 20s. Dengan variasi ketebalan itu, pengguna bisa memilih sesuai kebutuhan mereka.

 

Utamakan bahan berkualitas tinggi

Jika anda mengutamakan kenyaman, pastikan menggunakan kaos yang menggunakan bahan 100% cotton. Namun, masalahnya bagaimana kita mengtahui kaos dengan bahan katun 100 persen atau katun murni tanpa campuran?

Perlu kita ketahui bahwa tiap-tiap pabarik atau produsen kain kaos menghasilkan kualitas produk yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh tingkat mutu bahan bakunya yang berupa kapas. Belum lagi terkadang pabrik memberikan campuran pada kapas, misal polyester, untuk menekan biaya produksi. Perbedaan proses produksi dan quality control juga sangat mempengaruhi kualitas kain kaos. Itulah mengapa bahan kaos cotton combed dari pabrik A dengan pabrik B bisa berbeda. Perbedaan itu bisa dari sisi tekstur dan kerapatan seratnya, serta ketahanan cucinya.

Bahan kaos 100% cotton adalah bahan kaos yang 100% terbuat dari serat kapas alam dan memiliki karakteristik bahan yang relatif halus, dingin, nyaman dipakai, dan menyerap keringat, sehingga sangat cocok dipakai di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia.