cara mengetahui ketebalan kain kaos bisa dengan melihat kodenya

Cara mengetahui ketebalan kain cotton combed sebenarnya cukup mudah. Kain cotton combed memiliki kode ketebalan yang dipakai dan disepakati oleh pabrik dan para pemasoknya di pasaran. Kode ketebalan dimaksud tidak lain adalah cotton combed 40s, 30s, 24s, dan 20s.

Kode ketebalan kain kaos menggunakan kombinasi angka dan huruf. Angka 40, 30, 24, atau 20 pada kode di atas menunjukkan tingkat ketebalan. Sedangkan huruf “s” menunjukkan tipe jarum yang digunakan untuk merajut kain, yang berarti “single knit“. Jarum single knit yang digunakan dalam proses perajutan akan menghasilkan permukaan kain yang halus pada satu sisi saja. Berbeda dengan doble knit yang menghasilkan permukaan kain yang halus pada dua sisinya.

Walhasil cotton combed 40s, 30s, 24s, dan 20s, semuanya dibuat dengan rajutan single knit. Semakin kecil kode angka di depan huruf “s” berarti bahwa kain cotton combed semakin tebal. Dari semua kode yang telah disebutkan, 40s merupakan yang paling tipis, dan 20s yang paling tebal.

  1. Benang 40 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 110 – 120 gr/m2 untuk jenis rajutan single knit.
  2. Benang 30 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 140 – 160 gr/m2 untuk jenis rajutan single knit.
  3. Benang 24 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 170 – 210 gr/m2 untuk jenis rajutan single knit.
  4. Benang 20 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 180 – 220 gr/m2 untuk jenis rajutan single knit.

Variasi ketebalan kain cotton combed ini memberi pilihan para pembuat kaos, yang umumnya disesuaikan dengan iklim, teknik sablon, dan budaya.

Di daerah beriklim tropis, pilihannya biasanya adalah kain kaos yang tidak terlalu tebal. Karena semakin tebal kain yang dipilih maka akan terasa lebih gerah daripada  yang tipis. Namun dari sisi budaya, ada yang memandang kurang elok menggunakan kain kaos yang tipis. Khususnya bahan kaos yang berwarna terang, kalau berbahan tipis biasanya akan menerawang. (kaosposmo.com)