sablon polyflex memiliki keistimewaan hasil yang rapi dan kuat.

Sablon polyflex semakin diminati.

Teknologi sablon kaos terus berkembang seiring kemajuan zaman. Kini beragam pilihan sablon bisa digunakan untuk kebutuhan produksi kaos, baik untuk keperluan retailing, promosi, seragam, dan kebutuhan komunitas.

Salah satu teknik sablon yang kini populer di bidang clothing factory adalah sablon polyflex. Sablon polyflex tergolong sablon digital atau digital printing yang spesifik menggarap bahan tekstil. Polyflex juga lazim disebut vinyl karena ciri khasnya yang sama dengan bahan vinyl yang biasa digunakan untuk produksi stiker. Hanya saja, vinyl jenis polyflex ini hanya dikhususkan untuk bahan tekstil, yakni dipotong sesuai desain lalu ditempelkan ke kaos atau jersey dengan bantuan mesin heat press (hot press).

Apa itu polyflex?

Polyflex adalah material polymer yang diolah dari senyawa plastis untuk kebutuhan industri pakaian. Polyflex biasanya berbahan polyvynil chloride (PVC) atau polyurethane (PU). Material polymer ini memiliki karakter elastis dan tahan panas. Di salah satu sisinya terdapat senyawa sealent (lem/ perekat) agar material ini mampu menempel dengan kuat pada kaos, jersey, atau topi.

Pengaplikasian polyflex ke produk pakaian melalui sejumlah proses. Pertama, dari pemotongan vynil sesuai desain yang diharapkan, baik itu teks atau typography, atau gambar vektor. Proses pemotongan ini lazim disebut cutting dengan menggunakan mesin cutting sticker atau cutting plotter.

Kedua, mbatil. Ini adalah term bahasa jawa yang bermakna mengupas, memotong bagian-bagian tertentu, atau merapikan. Dalam konteks sablon polyflex, mbatil biasa disebut dengan peeling, yakni proses membuang limbah di luar pola desain yang diinginkan. Peeling menggunakan alat sejenis pisau cutter kecil atau semacam jarum khusus untuk mbatil.

Ketiga, pengepresan. Material polyflex PVC atau PU yang berlapis lem/ perekat di sisi dalam harus dipanaskan pada susu dan tekanan tertentu agar bisa menempel dengan kuat pada kaos. Mesin pemanas itu tidak lain adalah heat press atau hot press.

Secara umum sablon polyflex memiliki keunggulan khusus yang tidak dimiliki oleh sablon manual (screen printing). Sablon polyflex bisa dikerjakan secara cepat, hasil sablon yang rapi karena menggunakan teknologi digital cutting. Sablon polyfelx dengan kekuatan polymernya tidak mudah pecah atau retak. Polyflex yang bagus memiliki daya rekat dan ketahanan cuci yang bagus pula. So, pilihlah polyflex terbaik untuk mendapatkan hasil sablon yang maksimal (kaosposmo)