Printer DTG EpsonF2000, salah satu printer DTG yang dirilis EPSON baru-baru ini.

Printer DTG EpsonF2000, salah satu printer DTG yang dirilis EPSON baru-baru ini.

Teknologi paling baru dalam dunia sablon kaos adalah printer DTG. Meski printer ini sudah lama eksis dan turut meramaikan pasar fashion distro kaos di Indonesia, namun masih banyak orang yang awam terhadapnya. Sehingga pertanyaan “apa itu printer DTG” masih sering muncul.

Printer Direct to Garment atau sering disebut DTG adalah mesin cetak yang menggunakan teknologi ink jet. Pada prinsipnya DTG mirip dengan printer pencetak foto pada kertas yang dimodifikasi secara teknis untuk bisa mencetak gambar atau desain dengan menembakkan tinta tekstil secara langsung pada kaos. Kalau media cetak printer foto adalah kertas, maka media cetak DTG adalah kain atau kaos.

Proses sablon DTG atau pencetakan (printing) kaos, printer DTG terhubung dengan komputer sebagai penyedia data grafis yang akan dicetak. Data grafis itulah yang kemudian dibaca oleh otak (mainboard) printer, dan selantunya diterjemahkan secara mekanis menjadi gerakan headprint sekaligus tembakan tinta tekstile pada media cetak yang berupa kaos.

Walhasil, proses penyablonan atau pencetakan desain dengan DTG menjadi lebih praktis karena tidak membutuhkan film screen seperti dilakukan pada screen printing atau transfer paper seperi dilakukan pada sablon digital.DTG mampu mencetak aneka desain tanpa batasan warna, mencetak desain dengan efek-efek khusus, dan itu dilakukan dalam tempo yang cepat dan instan.

 

Sekilas Perkembangan Printer DTG

Sejarah DTG dimulai ketika Mimaki dan U.S. Screen meluncurkan mesin DTG pada tahun 2004. Mimaki merilis seri GP-604, sementara U.S. Screen mengeluarkan Fast T-Jet. Setahun kemudian Brother meluncurkan mesin DTG seri GT-541 yang kemudian bermetamorfosis menjadi Brother Graffitee DTG Printer. Ada juga Kornit dan Kiosk yang turut meramaikan DTG. U.S. Dalam perkembangan itu Viper pun muncul sebagai vendor printer DTG yang diperhitungkan.

Screen menemukan DTG yang pertama kali bisa mencetak di atas kaos hitam/gelap. Penemuan tinta putih bagi DTG merupakan sumbangan penting yang kemudian membuat posisi DTG semakin diperhitungkan. Kendalanya, U.S. Screen masih kurang efisien dalam hal coating/pretreatment yang masih menyisakan masalah untuk menghasilkan hasil cetak tinta putih yang sempurna. (kaosposmo.com)