sablon digital printer sublimasi

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan customer di dunia printing kaos adalah soal sablon digital printer sublimasi. Pertanyaan semacam itu perlu dijawab untuk memberikan informasi kepada customer supaya mereka bisa menentukan pilihan teknik printing tekstil yang pas sesuai kebutuhan mereka.

Baiklah, dalam artikel ini Kaosposmo akan mengulas tentang sablon digital sablon sublimasi yang menggunakan teknologi printer dan tinta sublimasi.

Apa itu printing sublimation pada produk tekstil?

Sablon digital dengan printer sublimasi telah menggantikan cara tradisional di bidang pencetakan tekstil atau produk-produk garment. Kemunculan teknik sablon digital ini disambut positif karena berbagai alasan, di antaranya efisiensi biaya, kemudahan operasional, dan fleksibilitas penggunaan pada berbagai media cetak tekstil.

Inovasi sablon digital ini selangkah lebih maju dari metode sablon manual (silk screen printing). Sablon digital mencoba menggantikan sablon manual dengan solusi pencetakan tekstil dengan tinta sublimasi. Keunggulan sablon digital dengan printer sublimasi adalah output printing dengan citra fotografi warna penuh (full colour) yang lebih real dan detail di bahan tekstil.

Tinta apa yang digunakan sablon digital?

Pencetakan sublimasi adalah teknologi cetak dengan menggunakan tinta yang sensitif panas. Tinta ini berubah menjadi gas di bawah pengaruh panas. Media yang paling umum digunakan adalah media polyester. Tinta sublimasi tidak langsung ditembakkan ke tekstil, tetapi dicetak ke transfer paper yang kemudian dipindahkan ke kaos dengan heatpress. Dengan proses pengepresan, tinta sublim kemudian menjadi bagian dari struktur material tekstil dengan daya tahan cuci yang baik.

Printer dan tinta sublimasi

Pada umumnya semua printer bisa digunakan untuk kebutuhan pencetakan sublimasi. Namun daya tahan komponen printer yang biasa digunakan untuk kertas dengan ink waterbased tentu berbeda jika digunakan untuk tinta dye based sublimation. Karena itu untuk produksi yang kontinyu dan massal, pencetakan sublimasi mesti menggunakan printer sublimasi khusus yang dirancang sesuai kebutuhan tekstil.

Kekhususan printer sublimasi di antaranya terletak pada printhead yang adaptable dengan tinta sublim (dye sublimation ink) yang berbasis minyak. Selain itu adalah lebar media cetak yang tida biasa seperti digunakan pada printer kertas, printer sublimasi dikustom menjadi lebih besar dan lebar media cetaknya.

Sebuah printer berkualitas tinggi yang dilengkapi dengan tinta sublimasi adalah penting, bahkan syarat utama. Maintenance terhadap printer sublimasi juga harus dilakukan secara tertib dan terjadwal.

Software RIP

Printer ini membutuhkan software RIP (raster image processor) untuk mengelola input gambar menjadi output sesuai desain (yang diinginkan). RIP merupakan proses pracetak yang menentukan kualitas hasil cetak desaian menjadi cerah, hidup, dan renyah. RIP mengatur bagaimana gambar dibaca dan dikonversi menjadi semprotan tinta CMYK/CMYO.

Kertas Transfer/Sublimasi

Proses produksi clothing atau produk garment dengan printer sublimasi memeerlukan media kertas transfer paper. Kertas ini digunakan untuk menampung tinta yang sudah berbentuk grafis visual untuk dipindahkan ke media tekstil.

Kertas transfer yang bagus adalah yang memiliki daya serap tinta yang tinggi dan cepat kering. Syarat lain adalah kertas transfer ini tidak boleh bergelombang ketika ditimpa tinta sublim saat proses cetak berlangsung. Ditambah lagi, kertas transfer ini perlu memiliki daya lepas yang cepat ketika dipanaskan dengan heatpress.

Heatpress

Orang juga sering menyebut hotpress. Adalah mesin pemanas yang digunakan untuk memindahkan grafis dari kertas ke bahan tekstil/garment dengan metode pemanasan dan penekanan (pressing). Suhu yang umum digunakan biasanya 180C. Mesin heatptess juga biasa digunakan untuk curing/finishing dalam sablon manual ataupun printer DTG. (kaosposmo.com)