Tinta DTG berkualitas adalah tinta yang menghasilkan cetakan yang terang-cerah dan tahan cuci.

Tinta DTG berkualitas adalah tinta yang menghasilkan cetakan yang terang-cerah dan tahan cuci.

Kita perlu mengenal tinta DTG berkualitas. Sekarang ini banyak produsen tinta DTG yang bersaing memperebutkan pasar. Tinta DTG yang beredar di Indonesia secara umum adalah produk import. Sejauh ini belum ada tinta DTG dengan brand lokal. Tinta DTG di Indonesia masih bergantung pada produsen di Amerika, Jepang, atau Jerman.

Kendati banyak merk tinta DTG (ink textile) di pasar DTG Indonesia, tetapi secara umum hanya beberapa merk yang telah diakui kualitasnya dan banyak digunakan. Berikut ini merk tinta DTG berkualitas yang paling banyak digunakan di Indonesia:

1. DUPONT

Dupont bisa dibilang adalah master tinta DTG. Sebagai brand kawakan dan penuh pengalaman, kualitas tinta Dupont tidak lagi diragukan. Dupont termasuk salah satu perintis tinta DTG, dan mendampingi perkembangan penciptaan printer DTG di masa-masa awal teknologi ini dikembangkan.

Banyak yang mengangap Dupont masih menempati urutan pertama di jajaran merk tinta DTG yang ada di Indonesia. Kepekatan tinta putih yang dihasilkan pada bidang cetak kaos menggunakan tinta putih Dupont cukup solid dan relatif tebal. Selain itu daya tahan tinta ini terhadap air juga sudah mumpuni. Dengan paduan treatment yang bagus, tinta Dupont akan menghasilkan cetakan yang terang dan tahan cuci.

Kualitas Dupont ini memang harus ditebus dengan harga mahal. Di antara tinta-tinta merk lain, Dupont adalah tinta yang paling mahal harganya. Tinta Dupont diproduksi oleh pabrik Dupont di Amerika.

 

2. FIREBIRD

Merk satu ini juga mendapatkan banyak perhatian. Firebird termasuk pemain yang masih relatif baru. Secara umum tawaran Firebird dalam produk-produknya tak jauh beda dengan Dupont. Firebird konsen pada kepekatan tinta putih sebagai underbase, ketahanan cuci, dan elastisitas hasil cetakan.

Awalnya para pemain DTG di Indonesia mengenal Firebird sebagai vendor cairan pretreatment yang bagus dan recommended. Ya, semula Firebird hadir dengan produknya yang fenomenal, yaitu cairan pretreatment yang tidak menyisakan warna pada kaos. Firebird seolah keajaiban yang datang di tengah masalah treatment yang seringkali menyisakan warna di kaos.

Harga ink textile Firebird hampir setara dengan Dupont. Kualitas keduanya juga berani diadu. Tinta firebird diproduksi oleh pabrik Firebird di Amerika.

 

3. IMAGE ARMOR

Image armour adalah pemain baru di bidang tinta DTG atau ink textile. Namuan popularitasnya cepat melejit, karena tawaran dan iming-imingnya bisa dibuktikan oleh para pemain DTG yang sedang menguji kualitas tinta Image Armor.

Selain harganya yang relatif lebih murah (bila dibandingkan dengan Dupont), daya tarik Image Armor adalah jaminan ketahanan cuci yang lebih bandel. Hal ini ditunjang dengan produk Image Armor lainnya, yaitu cairan pretreatment Image Armor sebagai pelindung warna DTG.

Image Armor menawarkan cara baru dalam proses pencetakan kaos DTG. Dengan pretreatment Image Armor, proses pretreatment dan curing kaos menjadi lebih cepat.

 

4. TINTA JEPANG

Orang-orang sering menyebutnya “tinta Jepang” karena tinta ini diproduksi oleh satu perusahaan di Jepang. Sebutan ini sebenarnya diperuntukkan bagi tinta dengan merk Fuji. Tinta tekstil DTG merk Fuji ini terkenal karena harganya yang murah, namun mempunyai kualitas yang pantas dengan harganya.

Kelemahan tinta Fuji ini adalah mudah mengendap sehingga kurang disukai pemain DTG. Pengendapan tinta biasanya mudah mengakibatkan head print menjadi buntu. Dan kebutuan head termasuk masalah serius yang banyak dihindari pemain DTG. (kaosposmo.com)