Tips merawat kaos DTG adalah panduan perawatan kaos yang dicetak menggunakan mesin printer DTG.

Tips merawat kaos DTG adalah panduan perawatan kaos yang dicetak menggunakan mesin printer DTG.

Kaos kesayangan memang mestinya di”sayang-sayang”. Eh! Maksudnya dirawat dengan baik agar awet dan tetap bagus dipakai dalam jangka waktu lama.

Kaos kesayangan itu bisa berupa kaos band, karakter seseorang/tokoh, kaos hadiah, dan semacamnya. Makanya orang-orang yang memiliki kaos kesayangan macam ini ingin kaos itu tetep cakep dikenakan di badan.

Salah satu jenis kaos kontemporer yang kerap menjadi kaos kesayangan, khususnya dengan desain eksklusif dan self-designed adalah kaos yang disablon dengan teknologi Direct to Garment (DTG). Tentang DTG baca di sini.

Nah, ini nih tips buat kalian agar baju kesayangan yang disablon dengan teknik DTG “tidak cepat-cepat jadi mantan”:

1. Pencucian pertama dikucek tangan/ manual. Pencucian selanjutnya bisa mesin cuci dengan putaran sedang.

2. Biasakan tidak merendam baju terlalu lama.

3. Gunakan detergen seminimal mungkin.

4. Selalu cuci kaos kaos dalam posisi terbalik agar gambar/sablon tidak bergesekan serat baju lain.
Kalau memungkinkan pisahkan kaos dengan baju-baju berbahan keras seperti tipe jins.

5. Jangan menyikat kaos.

6. Jemur baju dalam keadaan terbalik agar gambar tak terpapar sinar matahari secara langsung.

7. Sebaiknya jangan disetrika. Kalau terpaksa menyetrika, setrikalah dalam keadaan terbalik untuk menghindari bagian gambar sablon, dengan suhu 40-50 C. Kecuali kalau punya kertas teflon, maka baju dan gambar bisa disetrika seluruhnya dengan melapisi gambar memakai kertas teflon.

 

Apa itu Kaos DTG?

Kaos DTG adalah kaos seperti pada umumnya kaos. Kaos DTG terbuat dari bahan cotton combed. Hanya saja Kaos DTG penyablonannya menggunakan mesin cetak atau printer DTG.

Keunggulan Kaos DTG adalah memiliki desain yang responsif. Misalnya desain kaos full colour, separasi, atau penuh efek visual 3 dimensi. Dengan printer DTG, semua desain bisa dicetak. Mulai dari foto, art work, sketsa, lukisan, dan sebagainya bisa dicetak di Kaos DTG.

Harga kaos DTG umumnya lebih mahal karena menghasilkan kaos desain ekslusif yang dipesan sendiri oleh pembelinya. Dijamin tidak ada orang yang menyamai desain kaos jika pemesan mendesain sendiri kaosnya. (kaosposmo.com)