Sablon Glow in The Dark menyala di dalam gelap

Sablon glow in the dark. Mau tahu?

Salah satu jenis sablon yang biasa digunakan untuk distro adalah Glow in the Dark. Sablon yang bisa menyala di dalam gelap.

Sablon Glow in the Dark adalah sablon yang sebagian material tintanya menggunakan fosfor atau lumen. Karakteristik fosfor adalah menyerap cahaya, menyimpannya, dan memendarkannya. Pendaran cahaya fosfor ini sangat kentara ketika berada di dalam kondisi gelap.

Lumen atau fosfor mulanya sering digunakan untuk aplikasi marka atau rambu-rambu jalan. Ia sangat efektif sebagai rambu karena bisa tetap terlihat meski minim pencahayaan. Selain itu fosfor atau lumen juga biasa diaplikasikan untuk baju-baju khusus seperti baju tim sar, jas hujan, rompi polantas, dll.

Keunikan fosfor dimanfaatkan oleh vendor penyedia tinta sablon dan juga dilirik oleh pengusaha distro. Lalu muncullah sablon glow in the dark, sablon yang menyala di dalam gelap.

Sablon glow in the dark biasanya berwarna putih. Di dalam ruangan minim cahaya atau keadaan gelap, sablon ini menyala kehijauan. Itulah keunikannya. Pemakai kaos dengan sablon glow in the dark tetap bisa “eksis” meski di dalam gelap.

Bagaimana cara membuat sablon glow in the dark?

Proses sablon glow in the dark sama seperti sablon pada umumnya. Untuk sablon manual, proses film, afdruk, dan gesut tidak ada perbedaan dengan sablon rubber atau plastisol. Hanya saja tinta yang digunakan dalam sablon glow in the dark menggunakan campuran serbuk fosfor. Tinta rubber, misalnya, harus dicampur dengan serbuk fosfor untuk menghasilkan sablon yang bisa memendarkan cahaya di dalam gelap.

Seiring berkembangnya teknologi, sablon glow in-the dark bisa diproses secara digital. Yaitu dengan menggunakan heat transfer vynil/ thermoflex yang lazim disebut polyflex, yang secara khusus mengandung bahan lumen atau fosfor.

Sablon glow in-the dark secara digital menghasilkan cetakan desain yang rapi dan eksklusif dari sisi tampilan. Bahan polyflex lumen/fosfor pabrikan juga memberikan jaminan kemampuan menyala di dalam gelap secara maksimal. Ia mengatasi permasalahan sablon manual yang terkadang pencampuran fosfornya “gagal” sehingga tidak bisa menimbulkan efek glow.

Meski begitu, sablon glow in-the dark, baik yang diproses secara manual maupun digital, memiliki keunikan tersendiri. Silakan komunikasikan dengan vendor sablon anda. (kaosposmo.com)