Gildan bertumbuh menjadi raksasa apparel dunia

sejarah kaos gildan : bertumbuh menjadi raksasa apparel dunia

Sejarah Kaos Gildan

Gildan kini menjadi brand terkemuka dalam clothing industry kancah global. Perannya dalam investasi dan pasar global tidak bisa disepelekan. Gildan menyedot investasi yang besar, memberdayakan tenaga kerja, dan menggerakkan bisnis pakaian dunia.

Hampir seluruh penjuru dunia kini mengenal Gildan sebagai brand pakaian jenis kaos, fleece, atau polo. Dengan keterjagaan mutu, pangsa pasar Gildan semakin meluas.

Tapi, bukan sulap bukan sihir kalau Gildan bisa tumbuh menjadi raksasa apparel dunia. Beginilah sejarah kaos Gildan, sebuah cerita singkat bagaimana Gildan menjadi jawara kaos polos dunia.

Gildan didirikan oleh keluarga Chamandy di Kanada pada tahun 1984. Saat itu, Chamandy mengelola perusahaan manufaktur yang bersegmen childrenswear (baju anak-anak). Dalam perkembangannya, perusahaan itu memutuskan memproduksi bahan kain tekstil sendiri supaya cost produksi bisa ditekan. Pada taraf ini, produksi kain Chamandy diniatkan untuk memenuhi kebutuhan pasar mereka sendiri.

Produksi kain Chamandy semakin bertumbuh, pelanggan dan permintaan pasar semakin banyak. Produksi kain melampaui permintaan mereka sendiri. Akhirnya diputuskan bahwa kelebihan kain yang mereka produksi dijadikan kaos polos (blank t-shirt). Mengapa kaos polos? Saat itu Chamandy melihat usaha sablon (screen print) sebagai peluang dan potensi besar sehingga selalu membutuhkan kaos polosan.

Gildan berevolusi dari perusahaan kain, menjadi perusahaan yang memproduksi Kaos Polos Gildan. Gildan yang berkembang pesat hingga akhirnya menjadi kelas dunia. Sebagai produsen, Gildan terintegrasi secara vertikal dengan pemasar pakaian dasar dan distro-distro bermerek berkualitas wahid yang menggunakan bahan dasar Gildan.

Kini perusahaan Gildan beroperasi secara regional dengan segmen-segmen khusus, meski di level internasional citra Gildan tentu saja sebagai produsen kaos polos. Gildan menjadi pemasok terbesar kebutuhan pakaian santai dan tidak formal dengan harga grosir di Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa. Produk Gildan kini diterima secara senang gembira untuk kebutuhan kaos sehari-hari, distro, baju olah raga, pembuatan kaos seragam, dll.

Kantor pusat perusahaan Gildan ini terletak di Montreal, Quebec, Kanada, dan kami memiliki sekitar 15.000 karyawan penuh waktu di seluruh dunia. Gildan adalah publik yang terdaftar di TSX pada tahun 1998 dan di NYSE pada tahun 1999.

Begitulah sejarah kaos Gildan. Untuk mendapatkan Gildan di wilayah Semarang, Jawa Tengah, dan sekitarnya ada bisa menghubungi kami, Kaosposmo, di 085290115999/ bb d0591243. (awanguwung/kaosposmo)