Katun bamboo (bamboo cotton) menawarkan kenyamananan lebih dibandingkan katun biasa. Daya serapnya terhadap keringat tidak diragukan. Karakteristiknya anti-bacterial membuat pemakai benar-benar nyaman karena lebih meminimalkan keringat, rasa gatal, dan bau badan.

Produk pakaian atau fashion selalu mengedepankan kenyamanan. Percuma kalau modelnya bagus tapi kurang nyaman dipakai. Begitu juga produk kaos, kenyamanan selalu menjadi isu utama. Kenyamanan kaos terutama bergantung pada bahan yang digunakan, selain fitting-nya.

Katun Bambu (bamboo cotton) adalah kain kaos berbahan dasar serat bamboo (bambu) dengan serat cotton (katun). Umumnya perbandingan campuran seratnya adalah 70% bambu dan 30%  katun.

Komposisi serat bambu membuat kain bamboo cotton lebih adem dibandingkan dengan katun lain, seperti combed. Harga bahan bakunya pun cenderung lebih mahal. Karena itu brand-brand clothing sudah mulai banyak menggunakan bahan bamboo cotton. Tentu saja pemakaian bamboo cotton adalah upaya merespon isu kenyamanan yang terus berkembang dalam dunia sandang (fashion).

Mulanya rekomendasi paling sering adalah penggunaan bahan paling nyaman untuk pakaian anak-anak. Karena kulit anak-anak sangat sensitif oleh cuaca di lingkungannya, bahkan keadaan keringatnya sendiri, maka bamboo cotton mulai sering diajukan untuk pakaian bayi dan anak.

Seiring waktu bahan ini memang sangat relevan di negara tropis seperti Indonesia yang cenderung gerah, maka bamboo cotton pun diterima oleh khalayak luas. Produksi kaos dewasa dan aneka produk fashion lainnya pun ramai-ramai mendayagunakan bahan ini.

Kenyamanan yang ditawarkan itu menjandi alasan paling tepat mengapa harus memilih kain bamboo cotton. Selain itu kualitas kain cotton bamboo tergolong dalam klasifikasi kain premium.

Apa saja keuntungan atau keunggulan kain katun bambu?

  • Anti Bakteri

Keunggulan nomor wahid dari kain bamboo cotton adalah kandungan anti bakteri. Benarkah? Ya, kain ini mengandung zat anti bakteri alami yang disebut Penny Quinone. Zat Penny Quinone ini termasuk kategori zat yang tidak disukai oleh serangga dan kuman. Kandungan anti bakteri pada Bamboo Cotton juga bekerja meminimalisir bau badan. Karena kapilaritas atau daya serapnya yang tinggi mampu mempercepat pengeringan keringan yang menempel di kaos. Walhasil kain kaos ini tidak mudah lembab, risiko bau badan bisa ditekan.

  • Lebih adaptif terhadap kulit yang sensitive

Meskipun secara umum bahan kain katun adaptif dengan kenyamanan kulit pemakai, tetapi bamboo cotton lebih adaptif dan tidak memperparah pemakai yang sebagin memiliki permasalahan kulit sensitif. Anak-anak yang berpotensi ruam kulit, ataupun orang-orang dewasa yang berurusan dengan masalah kulit sensitif bisa mengambil alternatif bahan kaos bamboo cotton ini. Karakteristiknya yang anti bacterial dan kapilaritas yang tinggi tentu saja mampu menanggulangi gejala-gejala yang timbul akibat kulit sensitif.

Anak-anak ataupun orang dewasa yang lenih banyak bermain atau beraktifitas akan lebih nyaman menggunakan kaos berbahan bamboo cotton. Seharian dipakai untuk bermain ataupun beraktifitas, keringat dan bau badan tidak begitu terasa bila memakai kain katun bambu.

  • Tekstur Lembut dan Ringan

Soft handfeel (kelembutan diraba tangan) merupakan bonus dari kain bamboo cotton. Seperti umumnya bahan katun, bamboo cotton memiliki kelembutan yang sama. Tekstur kainnya lebih lentur, sehabis cuci ia tidak lencu atau kucel. Meskipun ringan, tapi jatuhnya kain ini lebih baik di badan, tampak seperti material berbobot sehingga menampilkan kesan rapi saat dipakai.

  • Bahan Ramah Lingkungan

Isu lingkungan atau green issue menjadi indicator  yang cukup dipertimbangkan dalam industry pakaian. Terkait hal ini, katun bamboo dirasa merepresentasikan bahan pakaian yang ramah lingkungan. Mengingat bahan dasar pohon bamboo adalah tumbuhan mudah didapatkan, mudah diperbarui atau ditanam, bahkan dalam skala yang massif. Pohon bambu mudah tumbuh dan berkembang di kawasan tropis ataupun subtropis. Watak pohon bamboo bisa tumbuh liar. Apabil dibudidayakan pun relatif tidak butuh banyak penanganan, tidak memerlukan pestisida ataupun fertilisasi (penyuburan lahan). Tanaman bambu secara natural tidaklah memerlukan perlakuan spesial dalam pengembangan atau pelestariannya.

Segi penguraian, bahan kain bamboo cotton lebih mudah terurai (biodegradable). Berbeda dengan bahan kain polyester atau katun campuran lainnya yang relatif lebih susah diurai oleh alam. Inilah alasan mengapa kain bamboo cotton dianggap lebih ramah lingkungan. Detail seperti ini tentu saja memiliki pengaruh bagi generasi terkini yang peduli dengan kesehatan lingkungan.

  • Jenis Sablon Yang tepat untuk Kain Kaos Cotton Bamboo

Tidak bisa dipungkiri, kaos merupakan produk fashion paling atraktif. Kaos bisa dipadupadankan dengan desain gambar atau tulisan yang diaplikasikan lewat teknik cetak sablon. Dalam hal ini, bahan kain bamboo cotton juga bisa disablon layaknya kain kaos pada umumnya. Pilihan teknik sablon baik manual ataupun digital tidak mengalami kendala pada bahan kain bamboo cotton ini.

Kain bamboo cotton bisa dicetak sablon manual dengan beragam jenis tinta. Bisa menggunakan tinta plastisol, rubber, extender, glitter, fosfor, metallic, dll. Sedangkan teknik cetak digital, kain katun bamboo bisa dicetak dengan teknik print DTG (direct to garment), DTF (Direct transfer file), ataupun polyflex print & cut. (Kaosposmo.Com)