Kaos model kerah atau wangki juga menjadi outfit favorit. Meski pemakaiannya tidak sesering kaos oblong, tapi kaos berkerah memiliki pesona dan memenuhi fungsi fashion tertentu, misal keperluan seragam semi formal, baju komunitas, baju perayaan event tertentu, bahkan baju keseharian.

Image yang tersemat pada baju berkerah di antaranya berkisar pada kerapian, keformalan, kedewasaan, dan keeksklusifan. Namun di balik semua citra yang ada, ada fungsi-fungsi khusus yang dipenuhi oleh kaos berkerah.

Kalau kamu ingin membuat seragam semi formal tentu saja pilihannya adalah kaos model berkerah. Kaos kerah tampak santai dan casual, tetapi tetap pantas dan bagus untuk keperluan formal. Berbeda dengan kaos oblong yang lebih mencitrakan kesantaian, dan kemodisan.

Mau membuat kaos kerah untuk tim, karyawan, atau keperluan event? Simak dulu jenis-jenis bahan kain yang cocok berikut ini. Sesuaikan dengan kebutuhan dan ekspektasi kamu.

  • Pique dan Lacoste

Pique dan Lacoste bisa dibilang sebagai bahan paling favorit dalam pembuatan kaos kerah. Dua jenis kain ini memiliki corak khas ketebalan serta rajutan dengan pori-pori yang memberikan sirkulasi udara. Meski tebal tapi lacoste dan pique tetap adem dan nyaman.

Pique dan Lacoste sebenarnya adalah bahan yang sejenis. Sama tapi tidak persis. Dari segi bahan dan tekstur memiliki banyak kesamaan di tiap variannya. Hanya rajutan saja yang sedikit berbeda.

Bahan kaos polo ini lazimnya disebut pique saja. Pique merupakan jenis kain dengan rajutan corak yang padat. Tenunan kain pique memperlihatkan adanya pori-pori pada seratnya. Adapun yang disebut dengan lacoste tidak lain adalah merujuk pada pique. Lacoste adalah merek/nama dari sebuah brand pabrik penjual kaos polo. Ibarat kata menyebut “Indomie” untuk menunjuk produk makanan “mie instan” secara umum.

Jika dilihat lebih detal, rajutan kain pique membentuk segi empat, sedang lacoste membentuk segi enam. Adapun berdasarkan komposisi bahannya, baik pique maupun lacoste mempunyai sejumlah varian, mulai dari pique polyester, pique cotton, lacoste cvc, atau lacoste cotton.

Pique atau lacoste adalah representasi dari kaos berkerah yang umumnya disebut polo shirt. Kaos berkerah selalu saja identik dengan kaos polo, yang mana bahan dasarnya adalah pique atau lacoste.

Kaos kerah dengan bahan pique atau lacoste mengesankan sebagai kaos semi formal dengan kualitas premium. Ia lebih rapi dan bagus untuk aktivitas santai semi resmi.

Untuk keperluan cetak logo atau grafis pada kain pique atau lacoste, teknik cetak yang paling tepat adalah bordir. Namun kain ini tetap bisa disablon, baik secara konvensional ataupun digital.

  • Cotton Combed

Siapa yang tidak kenal bahan cotton combed? Bahan kaos ini mustahil ditepikan jika membahas soal bahan kain kaos. Tak kecuali ketika membahas kaos berkerah atau kaos polo, kita tidak bisa melupakan kain cotton combed.

Cotton combed adalah bahan kain dengan rajutan benar secara tersisir sehingga menghasilkan tekstur yang sangat halus dan lembut. Bulu-bulu benang atau kain tersisir secara maksimal sehingga teskturnya lebih minim bulu dan serabut biji.

Kain cotton combed juga bisa digunakan dalam pembuatan kaos berkerah. Kain ini terasa lebih ringan dan casual dibandingkan dengan kaos berkerah dari bahan pique/ lacoste.

Ketebalan kain cotton combed mesti menjadi pertimbangan ketika memilih kain untuk untuk kaos berkerah. Hal ini menyesuaikan dengan ketebal kerah yang dijual di pasaran, agar penyambungan antara kain dan kerah menjadi harmonis dan seimbang. Ketebalan yang disarankan untuk kaos kerah adalah cotton combed 24s atau 20s. Sebaiknya tidak menggunakan cotton combed 30s karena kain ini terlalu tipis jika dipadukan dengan kerah dan manset pabrikan.

Cotton combed dipakai untuk produksi kaos berkerah dengan budget lebih ringan. Tehnik cetak logo, grafis, atau tulisan bisa menggunakan sablon, meskipun kain ini juga bisa dibordir.

Berikut rangkuman pique/lacoste vs cotton combed:

Jenis KainPique/LacosteCotton Combed
RajutanDiagonal, padatLurus, ringan tersisir
TeksturBerpori, halusRata, halus
GramasiTebal, beratTipis, ringan
CitraSemi formal, rapi, stabil di badanCasual, muda lusuh, agak labil (kecuali cotton combed yang tebal)
BahanPolyester, Cotton, CVCCotton