Tidak diragukan lagi kualitas katun bamboo (bamboo cotton). Kualitasnya yang premium dengan menawarkan kenyamanan ekstra merupakan magnet yang membuat orang-orang jatuh cinta pada kain jenis ini.

Namun, sebelum memutuskan memilih bamboo cotton sebagai bahan kaos, simak dulu penjelasan ini agar anda tidak tertipu. Berikut ini kelemahan bahan kaos bamboo cotton:

  • Kain cenderung tipis

Rajutan kain bamboo cotton cenderung lebih tipis jika dibandingkan dengan cotton combed. Meski sama-sama gramasi 30s atau 24s, serat katun bambu terasa lebih tipis dan ringan. Tentu saja hal ini kurang cocok bagi pengguna “mazhab kaos bagus harus tebal”.

Sebenarnya perbedaan ketebalan antara katun bambu dengan katun combed tidaklah begitu signifikan. Serat katun bambu memiliki kerapatan yang baik, tidak menerawang. Justru bahan kain yang cenderung tipis seperti bamboo cotton ini secara alamiah akan lebih terasa adem dibandingkan dengan bahan kaos tebal.

Walhasil kelemahan soal kecenderungan bahan bamboo cotton yang lebih tipis ini berbalik lagi kepada perspektif pengguna. Selera kaos tipis dan tebal juga menentukan apakah soal ketebalan bamboo cotton ini benar-benar menjadi kelemahannya, atau justru menjadi kelebihannya.

  • Pilihan warna terbatas

Bisa dikatakan, cotton bamboo adalah pendatang baru di kancah bahan kain kaos. Kahadirannya jauh lebih belakangan jika dibandingkan dengan saudara tuanya cotton combed. Popularitasnya juga belum begitu membumi di kalangan pengguna.

Kualitas kain ini premium. Sementara di pasaran, bahan yang lebih banyak digunakan adalah cotton combed yang harganya lebih terjangkau. Karena permintaannya yang tidak begitu tinggi dibandingkan dengan cotton combed, maka produksi cotton bamboo dari pabrikan pun “terbatas”. Ia tidak bisa diproduksi semasif cotton combed.

Hal ini membuat keterbatasan warna yang dimiliki oleh cotton bamboo. Toko-toko kain hanya mengedarkan cotton bamboo dengan pilihan warna yang terbatas. Setidaknya hanya warna-warna mayor yang sering laku di pasaran. Tidak seperti katun bambu yang sangat kaya akan pilihan warna.

  • Tidak ada variasi ketebalan

Kita mengenal variasi ketebalan kain kaos dengan sebutan 20s, 24s, 30s, 40s dsb. Kode ketebalan itu umum dipakai untuk kain kaos berbahan dasar katun ataupun polyester. Kode  itu memberikan pilihan ketebalan yang mana yang sesuai dengan keinginan atau tujuan pengguna.

Namun hal itu jarang bisa ditemukan pada produk bamboo cotton. Umumnya bamboo cotton hanya memiliki satu varian gramasi ketebalan, yaitu cotton bamboo 30s. Jarang sekali pabrikan atau toko yang menjal cotton bamboo 24s. Belakangan ini memang mulai ada varian cotton bamboo 24s, tetapi hanya toko tertentu yang ada.

  • Harga lebih mahal

Bahan Cotton Bamboo memang sangat bagus, hanya saja harga dari bahan kain ini memang lebih mahal jika dibandingkan dengan bahan kaos populer lain, seperti seperti combed, apalagi polyester. Namun dari harga yang lebih mahal itu pengguna mendapatkan keuntungan lebih pula. Sementara, bagi produsen tetap bisa memberikan kalkulasi harga produknya dengan mendapatkan keuntungan yang bisa dimaksimalkan.

Sebenarnya, perbedaan harga antara cotton bamboo dengan cotton combed hanya berkisar 20 s.d. 30% saja. Artinya, untuk produksi satu kaos hanya ada kenaikan produksi sekitar 10rb rupiah. Jadi untuk pengguna yang punya budget berlebih bisa memilih bahan bamboo cotton tanpa terbebani masalah harga. (kaosposmo.com)